You are here: Home > , , , > Kelebihan Jupiter MX dibandingkan para kompetitornya

Kelebihan Jupiter MX dibandingkan para kompetitornya

Ini neh kelebihan kelebihan MX 135, mungkin berguna kalau ada yang nanya sama bro bro semua penyemplak Jupiter MX atau jadi bahan acuan buat pengguna Jupiter Varian lainnya....apabila kita bisa jawab dan mengerti itu namanya bikers sejati bener gak bro...

Jelas mengenai teknologi Jupiter MX (Spark 135 di Thailand) mengadopsi teknologi balap tetapi untuk aplikasi harian canggih kan, ini dia teknologi teknologinya:

1.LC (Liquid cooled) Engine
Komponen utamanya meliputi radiator, thermostat, pompa air, water jacket, air recovery, kipas dan sensor temperature. Cara bekerjanya ketika mesin hidup air disirkulasikan oleh pompa dari radiator menuju mantel pendingin di sekeliling blok dan head. Apabila suhu mesin dingin, thermostat posisi tertutup dan air hanya bersirkulasi dalam mantel sampai tercapai temp kerja mesin sekitar 82 derajat celcius. Pada suhu tersebut thermostat membuka sehingga air menuju radiator untuk didinginkan kembali. Kipas akan berputar berdasarkan masukan dari sensor kontrol temperature (letak sensor tertancap pada head) maka jika suhu telah mencapai 82 derajat celcius kipas secara otomatis akan berputar.
Pada tutup radiator dihubungkan dengan reservoir (air recovery) yang pada tekanan tertentu (saat panas) katup tekan tutup radiator terbuka yang akan membawa uap dan air mengalir ke reservoir dan sebaliknya ketika mesin mulai dingin katup vakum akan terbuka sehingga air dalam reservoir (tanki cadangan) kembali masuk kedalam radiator.

2. Diasil Cylinder dan forged Piston
Blok mesin MX dibuat dengan proses die casting (cetak dengan pengecoran) bukan coated (dilapis) yang mana menjadikan dinding diasil silinder amat keras dimana mampu mengurangi efek pengikisan sampai 300% dibandingkan dengan bahan baja, keuntungan silinder diasil lebih ringan, pendinginan sempurna, suara halus, hemat pelumas dan jauh lebih awet.
Forged piston adalah teknologi kepunyaan motor balap seperti Yamaha YZF R! dan YZF-1000 yang mempunyai kelebihan tidak mudah aus, suhu muai tinggi, koefisien gesek yang rendah, tidak berisik, serta piston tidak mudah macet. Bagian luar piston dilapis timah untuk mencegah baret dan ring pistonnya dilapis dengan diamond like hard carbon (DLC) yang mempunyai daya tekan tinggi sehingga motor bisa cepat melaju kencang.

3. 4 (four) valves SOHC (single overhead camshaft)
1 silinder dipasok 2 klep masuk dan 2 klep buang (bebek sekarang rata2 hanya 1 klep masuk dan 1 klep byuang) yang digerakkan oleh 1 noken as (SOHC). Jumlah rocker arm ada 2 buah masing2 bercabang 2 untuk menggerakkan 2 klep sekaligus

4. TPS (Throttke Position Sensor) yang cara bekerjanya;
Pada motor umunya ketika gas dipelintir spontan udara bertambah tanpa diikuti penambahan bensin yang menghasilkan campuran kering dan berakibat akselerasi lambat dan tersendat dan hal ini akan diantisipasi oleh pompa akselerasi MX 135 ddengan menyemprotkan bensin tambahan ke bagian venturi yang berakibat mesin merespon dengan cepat dan akselerasi jauh lebih baik. TPS disini mengontrol bukaan katup gas disesuaikan engan ignition timing (waktu pengapian0 secara elektronik, tuas TPS tsb akan akan bergerak naik turun mengikuti bukaan katup gas yang akan menggerakkan variable resistor dalam TPS. Selanjutnya data olahan TPS tsb dikirim ke CDI (Control Discharge Ignition) yang akan menentukan secara elektronik berapa besar timing pengapiannya.

5. Air Induction Sytem
Berfungsi sebagai penangkal polusi dan racun akibat proses pembakaran, dibarengi juga dengan knalpot ber catalytic converter. Cara kerjanya udara bersih disuntikkan ke lubang pembuangan untuk menetralisir racun sehingga kadar polutan gas buang (CO,HC dan NOx) yang keluar dari moncong knalpot aman terhadap kesehatan dan lingkungan. Catalytic Converter pada Jupiter MX ini dibuat dengan hambatan terhadap aliran gas buang yang amat rendah sehingga tidak mengganggu performa akan kecepatan motor ini.

6. Scissors Gear
Membuat pertautan antara gigi primer dan sekunder tidak berisik. Roda gigi drive gear (gigi penggerak yang dihubungkan dengan kruk as) dirangkap dua, sehingga kedua roda gigi saling bergeser dimana akan menutup celah kelonggaran antara drive gear (gigi primer) dengan driven gear (gigi sekunder)

Demikian sekilas kelebihan motor Jupiter MX 135 LC (Liquid Cooled) ini dan semoga dapat memnuhi kebutuhan para bikers semua akan usungan teknologi semplakannya, terima kaseh....


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Responses to “Kelebihan Jupiter MX dibandingkan para kompetitornya”:

Leave a comment

Silahkan Isi Form Komentar ini...^^

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.